Sumuk

Rumah Anda sudah tidak senyaman dahulu?  Periksa, apakah sirkulasi udaranya masih baik?

Rumah yang baik adalah rumah yang dirancang dengan sirkulasi udara yang baik sehingga nyaman untuk ditinggali.

Banyak rumah yang setelah dihuni lama semakin terasa tidak senyaman dahulu, kala pertama ditinggali. Salah satu penyebabnya bukan lain karena sirkulasi udara yang kian memburuk dari waktu ke waktu, tanpa kita sadari.

Rumah bisa kian terasa panas selain disebabkan oleh suhu bumi yang kian meningkat sebagai dampak pemanasan global yang terus terjadi, juga ditambah lagi karena angin tidak lagi bebas untuk keluar masuk rumah.  

Ada 2 hal yang bisa dipilih, membiarkan udara bergerak bebas atau membatasi pergerakan (sirkulasi) udara.

Kenapa sirkulasi udara harus dibatasi?

Karena untuk menghindari kunjungan serangga, khususnya serangga terbang seperti nyamuk, lalat, atau pun laron masuk ke rumah kita. Sampai saat ini sepertinya belum ditemukan cara jitu bagaimana mengatasi hal ini tanpa mengganggu jalannya sirkulasi udara.

Untuk mengatasi nyamuk di rumah, yang paling banyak dilakukan adalah dengan memasang kawat (kasa) nyamuk.

Nah, penggunaan kasa nyamuk ini selain menahan serangga terbang masuk juga bisa menyaring  debu dan kotoran, yang karena perubahan cuaca menempel di kasa nyamuk dan lama kelamaan kian menghalangi aliran udara yang akan masuk mau pun keluar rumah. Hal inilah yang bila tidak dirawat dengan baik membuat kita merasa sumuk (gerah) di dalam rumah.



Cara merawatnya ya sederhana saja, dengan cara rajin dan rutin membersihkannya.

Apabila sirkulasi udara terhambat, maka penghuni rumahlah yang paling merasakan dampaknya, mulai dari di rumah terasa sumuk hingga penyakit pun bisa berdatangan silih berganti.

Mengingat letaknya yang kadang sulit dijangkau, membersihkan kasa nyamuk bisa dilakukan setiap enam bulan sekali atau minimal setahun sekali. Selain membersihkan kasa nyamuk juga jangan lupa area lubang ventilasinya sekalian dibersihkan.



Cara membersihkannya dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan kuas, sikat, penyedot debu (vacuum cleaner), hingga menggunakan air dan sabun, hal itu tergantung bahan kasa yang digunakan.



Bila telah dibersihkan, maka Anda akan merasakan perbedaannya di satu atau dua hari ke depan paling lama.

Jadi jangan lupa membersihkan kasa nyamuk di rumah Anda agar rumah selalu nyaman untuk ditinggali.

Sirkulasi udara lancar, kita pun sehat. 


| 7 Juni 2021 | samidirijono |
(foto diambil dari koleksi pribadi dan berbagai sumber)


arsitek sami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram